Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dari Manakah Seorang Blogger Bisa Mendapatkan Uang?

darimana blogger dapat uang

Dari Manakah Seorang Blogger Bisa Mendapatkan Uang? - Di era digital seperti sekarang ini, menjadi seorang blogger masih dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal seorang blogger turut berkontribusi dalam menyajikan berbagai artikel online di internet, baik itu berupa artikel tutorial, review produk/jasa, maupun informasi yang menarik. Lantas pertanyaannya, mengapa para blogger tersebut sangat rajin menulis di blog dan kemudian mempublikasikannya di internet? Apakah mereka dibayar dan bisa mendapatkan uang?

Ya, seorang blogger memang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog yang dikelolanya. Bahkan uang yang dapat mereka hasilkan bukan hanya jutaan saja, namun dapat mencapai angka puluhan hingga ratusan juta rupiah. Makanya tidak heran jika banyak yang menjadikan blogger sebagai profesi utama mereka (Full Time Blogger).

Namun jangan disalahartikan, bahwa hanya dengan membuat dan mengelola blog kemudian bisa langsung menghasilkan uang begitu saja, karena itu sebuah kekeliruan yang sangat besar. Sebab yang perlu diketahui blog hanyalah sebagai media saja, sedangkan uangnya dihasilkan dari beberapa sumber yang akan dibahas di artikel ini. Oleh karena itu, silahkan kamu baca artikel ini hingga tuntas ya.

1. Iklan

Iklan adalah salah satu sumber utama penghasilan seorang blogger. Hampir sebagian besar para blogger menghasilkan uang dari blog yang mereka kelola dengan cara memasang iklan. Mulai itu dari blogger pemula hingga blogger yang sudah lama terjun di dunia blogging.

Untuk iklan itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, seperti iklan PPC (Pay Per Click), CPM (Cost Per Mille), affiliasi, iklan sponsor, dan lain-lainnya. Namun yang banyak digunakan oleh para blogger yaitu iklan PPC, terutama Google AdSense.

Google AdSense merupakan program periklanan PPC milik Google. Melalui program periklanan tersebut, para pemilik situs atau blog dapat mendaftar dan memasang iklan yang telah disediakan oleh Google. Bagi kamu yang berhasil menjadi mitra Google AdSense, maka kamu bisa memasang iklan tersebut di blog yang kamu miliki. Nah, jika ada pengunjung blog kamu yang mengklik iklan tersebut, maka kamu pun akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan yang ditentukan oleh pihak Google.

2. Content Placement

Sumber penghasilan seorang blogger selanjutnya yaitu dari content placement. Apa itu content placement? Content placement adalah kerjasama antara blogger dengan perusahaan atau perorangan untuk mempromosikan produk maupun jasa mereka dalam bentuk sebuah artikel, dan kemudian dipublikasikan di blog milik blogger yang menjalin kerjasama tersebut. Artikel yang dipublikasikan tersebut biasanya berisikan link yang mengarah ke situs atau website si advertiser. Istilah tersebut dikenal dengan sebutan Backlink.

Saat ini, ada banyak sekali situs market place jual beli backlink yang membantu para blogger untuk mendapatkan job content placement, salah satunya yaitu RajaBacklink.com. Di situs tersebut, kamu dapat mendaftarkan blog yang kamu miliki agar dapat dilirik oleh para pembeli backlink. Namun, tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti tampilan blog yang rapi (user friendly), Domain Authority, Page Authority, Alexa Rank, dan lain-lainnya.

3. URL Shortener

Ada banyak niche (jenis) blog yang dikelola oleh blogger, salah satunya yaitu niche blog download. Pada umumnya para blogger yang mengelola blog download selain memonetisasi dengan jaringan periklanan, mereka juga menggunakan url shortener sebagai sumber penghasilan.

URL Shortener atau Shortener Link adalah situs yang menyediakan jasa untuk memendekkan link yang kita punya. Selanjutnya link yang telah kita pendekkan tersebut, dapat kita bagikan di blog yang kita miliki. Apabila ada pengunjung yang mengklik link tersebut, maka kita pun akan mendapatkan pemasukan atau penghasilan. Sistem pembayaran situs url shortener biasanya berdasarkan per 1000 views.

4. Lomba Blog

Mengikuti lomba blog juga merupakan salah satu sumber penghasilan yang banyak digunakan oleh para blogger. Terlebih lagi bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging dan mempunyai blog yang aktif. Ya, memang syarat utama untuk dapat mengikuti lomba blog harus memiliki blog yang aktif dan terawat.

Besarnya hadiah yang ditawarkan oleh penyelenggara untuk para pemenang yang mengikuti lomba blog pun bervariasi, mulai itu dari uang jutaan rupiah, handphone, mobil, hingga jalan-jalan ke luar negeri. Wah, sangat menggiurkan bukan?

5. Menjual Jasa atau Produk Sendiri

Selanjutnya, seorang blogger dapat menghasilkan uang dari blog yaitu dengan cara menjual jasa atau produk mereka sendiri. Jadi, blog yang mereka miliki hanya digunakan untuk mempromosikan atau menawarkan saja, sedangkan sumber penghasilannya berasal dari jasa/produk yang mereka jual.

Jasa yang ditawarkan oleh blogger yaitu diantaranya seperti jasa membuat website, jasa menulis artikel, desain logo, dan lain-lainnya. Sementara untuk produk yang dijual hampir sebagian besar berupa produk digital, seperti software, plugin, theme, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang sudah tahu kan dari mana seorang blogger dapat menghasilkan uang? Sebenarnya dari kelima sumber penghasilan blogger di atas masih banyak lagi sumber lainnya yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Intinya, tinggal bagaimana kita bisa melihat peluang yang ada. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
Defi Purnama
Defi Purnama Saya sangat tertarik dengan dunia Teknologi Informasi, Internet, Bisnis Online, How to Make Money from Blogging and Youtube.

Post a Comment for "Dari Manakah Seorang Blogger Bisa Mendapatkan Uang?"